Cari Blog Ini

Dasar Menggambar Objek


Flash 8 menyediakan berbagai macam tools dalam menggambar sebuah objek. Kita diberikan kebebasan dalam menggambar suatu objek, objek yang Kita buat tergantung dari imajinasi kita sendiri.
A.     Pengetahuan Dasar Objek Pada Flash 8
Terdapat berbagai macam objek yang sangat unik di dalam Flash 8 diantaranya yaitu oval tool (yang sering digunakan untuk menggambar sebuah lingkaran) dan rectangle tool (yang sering digunakan untuk menggambar sebuah bujur sangkar  atau persegi panjang). Kedua tool tersebut bersifat paten yakni sudah menjadi bawaan Flash 8 itu sendiri.
1.   Stroke dan Fill

Kedua objek tool tersebut (oval tool & rectangle tool) terdiri dari dua bagian yaitu: Outline atau Stroke dan fill. Outline atau Stroke merupakan bagian terluar dari objek tersebut, sedangkan fill merupakan bagian terdalam dari objek tersebut yang dapat diisi dengan warna atau gambar Lihat gambar berikut !

Stroke & Fill dapat disatukan dengan cara membuatnya menjadi satu grup, yaitu dengan perintah: Group (dapat dipilih melalui menu Modify > Group) atau dengan cara menekan tombol Ctrl+G secara bersamaan. Tetapi sebelum Kita menjadikan Stroke & Fill menjadi satu grup yang harus Kita lakukan adalah memblok seluruh bagian Stroke & Fill menggunakan Selection tool hingga terlihat seperti gambar. Jika telah diblok maka Kita harus membuatnya menjadi satu grup dengan cara yang telah dijelaskan diatas.




 
2.   Membelah Objek dengan Line Tool, Selain itu dalam pemotongan gambar melalui Flash 8 tools sangatlah mudah, karena Kita dapat menggunakan berbagai macam cara. Misalnya dalam memotong sebuah fill dengan menggunakan line tool.

3.   Menggambar dengan Pencil Tool, Dalam membuat sebuah objek, Kita dapat menggunakan tool yang terdapat pada Tools box, yaitu pencil tool.

Jika Kita memilih Straighten maka objek yang Kita buat akan berbentuk bujur sangkar yang rapi. Tetapi jika Kita memilih Smooth maka objek yang Kita buat akan tampak halus garisnya meskipun tidak serapih straighten. Begitu pula dengan Ink bentuknya juga tidak serapih Straighten, tetapi yang membedakan antara Ink dengan Smooth adalah garisnya yang kurang halus(masih terlihat kasar).
4.   Menggambar dengan Pen Tool, Pen tool biasanya digunakan untuk menggambar objek dengan metode edit points. Untuk menggambar sebuah objek, Kita tinggal menentukan posisi dari edit points yang Kita inginkan.




5.   Mewarnai objek dengan Brush Tool, Brush yang artinya sendiri adalah sikat/kuas. Tool ini digunakan untuk mewarnai sebuah objek secara keseluruhan. Ada 5 metode pemberian warna pada brush tool (lihat gambar dibawah ini).




6.   Merubah Bentuk Objek dengan Selection Tool Merubah dalam flash 8 sangatlah mudah dan efisien. Untuk mengubah bentuk suatu objek Kita dapat menggunakan selection tool. Dengan selection tool Kita tinggal mengubah suatu objek dengan menggerakkan outline (garis objek) dari objek tersebut.


7.   Merubah Bentuk Objek dengan Subselection Tool. Merubah bentuk suatu objek dengan menggunakan Subselection tool sangatlah mudah dan menyenangkan, karena dengan subselection tool Kita dapat merubah suatu objek tool menjadi suatu objek yang Kita inginkan. Lihat gambar dibawah ini yang telah dipilih dengan menggunakan subselection tool.

8.   Mengimport Gambar dan Menggambar Ulang
Import gambar biasa dilakukan dalam menggunakan Flash. Hal ini diperlukan untuk menjadikan gambar tersebut sebagai Background atau pun untuk menggambar ulang. Caranya adalah dengan memilih Menu File > Import > Import to Stage, lalu pilihlah gambar yang kita kehendaki. Apabila kita akan menggambar ulang gambar tersebut, maka letakkan gambar tersebut di layer bawah dan buat kembali layer di atasnya untuk membuat gambar yang baru.
B.      Dasar – Dasar Pewarnaan Objek Pada Flash 8
Untuk memberikan efek yang baik pada suatu animasi ada kalanya kita harus mengatur warna suatu objek agar terlihat menarik. Dalam pewarnaan suatu objek pada Flash 8 kita dapat menggunakan berbagai macam tools, diantaranya yaitu:
1.   Color Mixer.
2.   Color Swatches.
3.   Paint Bucket Tools.
4.   Ink Bottle Tools.
5.   Brush Tools.
Jika Kita menginginkan animasi yang Kita buat mempunyai tampilan menarik dan indah, maka Kita harus memberi efek warna yang baik pula. Oleh karena itu kali ini kita akan belajar bagaimana memberikan efek warna pada suatu objek agar terlihat lebih indah.Memberi warna dengan Color Mixer & Color Swatches Untuk memberi efek warna pada objek pada Flash 8 hanya membutuhkan 2 color tool, yaitu: Color Mixer & Color Swatches. Saat ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan tools tersebut.


Didalam Color mixer terdapat 5 macam type fill:
None – tidak memberi warna apapun pada fill.
Solid – memberi warna padat pada fill.
 Linier – memberi warna berbentuk linier pada fill.
Radial – memberi efek warna radial pada fill.
Bitmap –   memberi image pada fill. (untuk mengimpor file gambar gunakan import to library pada file menu).
Untuk memberi warna pada objek yang ditentukan, Kita harus menggunakan tools yang bernama paint bucket tool. Biasanya yang diberi warna pada object ialah fill-nya saja. Untuk memberi warna pada Stroke, Kita harus menggunakan ink bottle tool. Pada pojok kanan window color mixer terdapat R, G, B (yang biasa disebut sebagai penentu warna). R(Red) digunakan untuk memberi nilai seberapa besar kemerahan warna objek tersebut. G(Green) digunakan untuk memberi nilai seberapa besar kehijauan warna objek tersebut. B(Blue) digunakan untuk memberi nilaii seberapa besar kedalaman warna biru pada objek tersebut. Alpha memberi efek warna transparan pada objek yang dituju.



 
Pada color swatches untuk memberi warna pada object prinsipnya sama saja dengan color mixer, yang membedakannya yaitu kalau pada color mixer Kita dapat mencampurkan berbagai warna sekaligus memodifikasinya menjadi suatu efek warna sesuai dengan keinginan Kita. Tetapi kalau pada color swatches efek warna sudah ditentukan oleh system.