Flash 8 menyediakan
berbagai macam tools dalam menggambar sebuah objek. Kita diberikan kebebasan
dalam menggambar suatu objek, objek yang Kita buat tergantung dari imajinasi kita
sendiri.
A.
Pengetahuan Dasar
Objek Pada Flash 8
Terdapat berbagai macam
objek yang sangat unik di dalam Flash 8 diantaranya yaitu oval tool
(yang sering digunakan untuk menggambar sebuah lingkaran) dan rectangle tool
(yang sering digunakan untuk menggambar sebuah bujur sangkar atau persegi panjang). Kedua tool tersebut
bersifat paten yakni sudah menjadi bawaan Flash 8 itu sendiri.
1.
Stroke dan Fill
Kedua objek tool tersebut (oval tool & rectangle tool) terdiri dari dua bagian yaitu: Outline atau Stroke dan fill. Outline atau Stroke merupakan bagian terluar dari objek tersebut, sedangkan fill merupakan bagian terdalam dari objek tersebut yang dapat diisi dengan warna atau gambar Lihat gambar berikut !
Stroke & Fill dapat disatukan
dengan cara membuatnya menjadi satu grup, yaitu dengan perintah: Group (dapat
dipilih melalui menu Modify > Group) atau dengan cara menekan
tombol Ctrl+G secara bersamaan. Tetapi sebelum Kita menjadikan Stroke &
Fill menjadi satu grup yang harus Kita lakukan adalah memblok seluruh
bagian Stroke & Fill menggunakan Selection tool hingga
terlihat seperti gambar. Jika telah diblok maka Kita harus membuatnya menjadi
satu grup dengan cara yang telah dijelaskan diatas.
2. Membelah
Objek dengan Line Tool, Selain itu dalam pemotongan gambar melalui Flash 8 tools sangatlah
mudah, karena Kita dapat menggunakan berbagai macam cara. Misalnya dalam
memotong sebuah fill dengan menggunakan line tool.
3.
Menggambar dengan Pencil Tool,
Dalam membuat sebuah objek, Kita dapat menggunakan tool yang terdapat pada
Tools box, yaitu pencil tool.
Jika Kita memilih Straighten
maka objek yang Kita buat akan berbentuk bujur sangkar yang rapi. Tetapi jika Kita
memilih Smooth maka objek yang Kita buat akan tampak halus garisnya
meskipun tidak serapih straighten. Begitu pula dengan Ink bentuknya juga
tidak serapih Straighten, tetapi yang membedakan antara Ink dengan Smooth
adalah garisnya yang kurang halus(masih terlihat kasar).
4.
Menggambar dengan Pen Tool, Pen
tool biasanya digunakan untuk menggambar objek dengan metode edit points.
Untuk menggambar sebuah objek, Kita tinggal menentukan posisi dari edit points
yang Kita inginkan.
5.
Mewarnai objek
dengan Brush
Tool, Brush yang artinya sendiri adalah sikat/kuas. Tool ini digunakan
untuk mewarnai sebuah objek secara keseluruhan. Ada 5 metode pemberian warna
pada brush tool (lihat gambar dibawah ini).
6. Merubah Bentuk Objek dengan Selection Tool
Merubah dalam flash 8 sangatlah mudah dan efisien. Untuk mengubah bentuk suatu
objek Kita dapat menggunakan selection tool. Dengan selection tool Kita tinggal
mengubah suatu objek dengan menggerakkan outline (garis objek) dari objek
tersebut.
7.
Merubah Bentuk
Objek dengan Subselection Tool. Merubah bentuk suatu objek dengan menggunakan
Subselection tool sangatlah mudah dan menyenangkan, karena dengan subselection
tool Kita dapat merubah suatu objek tool menjadi suatu objek yang Kita
inginkan. Lihat gambar dibawah ini yang telah dipilih dengan menggunakan
subselection tool.
8.
Mengimport Gambar
dan Menggambar Ulang
Import gambar biasa dilakukan dalam menggunakan Flash. Hal ini diperlukan
untuk menjadikan gambar tersebut sebagai Background atau pun untuk menggambar
ulang. Caranya adalah dengan memilih Menu File > Import > Import to
Stage, lalu pilihlah gambar yang kita kehendaki. Apabila kita akan
menggambar ulang gambar tersebut, maka letakkan gambar tersebut di layer bawah
dan buat kembali layer di atasnya untuk membuat gambar yang baru.
B.
Dasar – Dasar
Pewarnaan Objek Pada Flash 8
Untuk memberikan efek
yang baik pada suatu animasi ada kalanya kita harus mengatur warna suatu objek
agar terlihat menarik. Dalam pewarnaan suatu objek pada Flash 8 kita dapat
menggunakan berbagai macam tools, diantaranya yaitu:
1.
Color Mixer.
2.
Color Swatches.
3.
Paint Bucket
Tools.
4.
Ink Bottle Tools.
5.
Brush Tools.
Jika Kita menginginkan animasi yang Kita buat
mempunyai tampilan menarik dan indah, maka Kita harus memberi efek warna yang
baik pula. Oleh karena itu kali ini kita akan belajar bagaimana memberikan efek
warna pada suatu objek agar terlihat lebih indah.Memberi warna dengan Color
Mixer & Color Swatches Untuk memberi efek warna pada objek pada Flash 8
hanya membutuhkan 2 color tool, yaitu: Color Mixer & Color Swatches.
Saat ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan tools tersebut.
Didalam Color mixer
terdapat 5 macam type fill:
None – tidak memberi
warna apapun pada fill.
Solid – memberi warna
padat pada fill.
Linier – memberi warna berbentuk linier pada
fill.
Radial – memberi efek
warna radial pada fill.
Bitmap – memberi image pada fill. (untuk mengimpor
file gambar gunakan import to library pada file menu).
Untuk memberi warna pada
objek yang ditentukan, Kita harus menggunakan tools yang bernama paint
bucket tool. Biasanya yang diberi warna pada object ialah fill-nya saja.
Untuk memberi warna pada Stroke, Kita harus menggunakan ink bottle tool.
Pada pojok kanan window color mixer terdapat R, G, B (yang biasa disebut
sebagai penentu warna). R(Red) digunakan untuk memberi nilai seberapa
besar kemerahan warna objek tersebut. G(Green) digunakan untuk memberi
nilai seberapa besar kehijauan warna objek tersebut. B(Blue) digunakan
untuk memberi nilaii seberapa besar kedalaman warna biru pada objek tersebut.
Alpha memberi efek warna transparan pada objek yang dituju.